GAJI GURU PADA MASA KHALIFAH UMAR RADHIYALLAHU ANHU

GAJI GURU PADA MASA KHALIFAH UMAR RADHIYALLAHU ANHU
________________________________
GAJI GURU PADA MASA KHALIFAH UMAR RADHIYALLAHUANHU
Saat ini gaji guru di negeri kita berada pada kisaran 2 juta itu untuk PNS. Adapun untuk honorer hanya 300rb saja perbulan, bahkan tidak sedikit yg hanya mendapatkan 50rb perbulan.
Jika dinyatakan dalam dinar, gaji guru sekarang yg 2 jt hanya berkisar 1 dinar saja. Ini sama saja menyatakan bahwa gaji guru sekarang hanya 1/15 dari gaji guru pada masa Khalifah Umar. Apalagi yg 300rb atau yg 50rb seper berapanya ya?

Umar ibn Khattab radhiallahu ‘anhu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan. Pada masanya, ia antusias dalam meningkatkan mutu pendidikan bagi generasi Muslim.
Nurman Kholis, peneliti Pulitbang Lektur Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, menyatakan salah satu langkah yang diambil Khalifah Umar ialah menetapkan gaji bagi setiap pengajar sebanyak 15 dinar setiap bulan. Pernyataan itu disampaikan Kholis di laman Wakala Induk Nusantara.
Dinar merupakan mata uang yang terbuat dari bahan logam mulia emas. Satu dinar setara dengan 4,25 gram emas . Mata uang yang terbuat dari emas, sepanjang sejarah, merupakan mata uang yang tahan banting terhadap inflasi.
Gaji pengajar/guru sebanyak 15 dinar merupakan angka yang luar biasa. Saat itu (10/09/2011) laman Wakala Induk Nusantara mencatat bahwa 1 dinar setara dengan Rp 2.258.000,-. Artinya, pada masa khalifah Umar, gaji guru mencapai Rp 33.870.000,-.
===========
Hari ini terbalik.
Perusak bangsa (artis) dibayar mahal. Shingga mereka kerjanya propesional dan maksimal. Dan hasilnya maksimal. Dgn cepat bangsa ini rusak akibat mrk.
Sedangkan pembangun bangsa (guru) dibayar murah bahkan disepelekan. Sehingga tdk profesional dan tdk maksimal dlm mengajar. Akhinya hasilpun tdk seberapa.
Back To Top