Jangan mencari aib seorang mukmin

Jangan mencari aib seorang mukmin

Jangan mencari aib seorang mukmin

Berhentilah mencari-cari aib orang beriman, takutlah seandainya saja Allah mencari-cari aibmu. Takutlah kepada Allah yang telah berfirman..
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain” (Al-Hujurat : 12)
إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا
“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara.”[Bukhari 6064/ Muslim 2563]
"Barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim niscaya Allah akan mencari aibnya. Barang siapa yang Allah mencari aibnya niscaya Allah akan menyingkapnya walaupun di dalam rumahnya.” (HR. At Tirmidzi)
Berhentilah..
Takutlah kepada Allah, jangan berbangga dengan banyaknya ilmu kalau kesemua itu tidak membuatmu tunduk takut kepada-Nya. Jangan berbangga dengan banyaknya amal, seandainya kesemua itu tidak pernah menenangkan jiwamu.
Bertaubatlah..
Hentikan mencela saudaramu yang jauh darimu, khawatirlah seandainya hamba Allah yang engkau cela itu ternyata sedang sujud merendahkan dirinya dihadapan Rabb yang maha tinggi dan seluruh laknat cela itu berhamburan kewajahmu.
Hentikanlah..
Takutlah kepada Allah, seandainya saja orang yang engkau cela itu sedang bermandi keringat dalam jalanan jihad fisabilillah yang diridhai-Nya.
Ketika engkau melihat aib seseorang, maka disana imanmu diuji wahai saudaraku. Apakah engkau akan tetap beriman atau jadi manusia paling munafiq dimuka bumi Allah ini. Ketika engkau lihat aib saudaramu, maka ingatlah aibmu. Bersegeralah menutup aibnya agar Allah tutup aib-aibmu!!
Jangan mencari aib seorang mukmin!
Atau Allah akan mencari aib-aibmu, dan ingat!
Ancaman dan janji-Nya selalu benar. Kelak Allah akan telanjangi dirimu.

Sumber :facebook.com/nai.rehabhati
Back To Top