cara riset keyword google paling jitu

cara riset keyword google paling jitu

Keyword atau kata kunci, merupakan faktor paling penting dari kegiatan SEO. Karena hampir 85% pengunjung blog/website melakukan kunjungan dengan terlebih dahulu mengetikkan “Kata Kunci” di kolom pencarian google. Dan hanya 5% yang mengetikan “nama blog” di kolom pencarian google. Dan 10% sisanya mereka mengunjungi blog dari link yang dishare di media-media sosial.

cara riset keyword google paling jitu
 Dari 2 gambar diatas, gambar nomor berapakah yang menurut Anda sangat umum, sangat lazim dan banyak dilakukan para pengunjung blog ketika mereka berniat mengunjungi blog/website tertentu?

Ya, jika Anda memilih gambar no 1. Jawaban Anda tepat sekali, karena secara umum pengunjung akan lebih memilih mengetikkan “kata kunci” dibandingkan dengan mengetikkan “nama blog” di kolom pencarian google.

Lalu seperti apa pemilihan kata kunci yang tepat? 

Untuk memilih kata kunci yang tepat kita harus melakukan “riset” terlebih dahulu, kita harus memastikan kata kunci tersebut ada banyak pencarinya di google. Karena akan percuma jika kita memilih kata kunci yang tidak ada pencarinya di mesin telusur google. 

Ada banyak cara untuk melakukan “riset keyword” ini, namun sebagai awalan untuk pemula saya hanya akan mencontohkan cara melakukan “riset keyword” melalui google suggestion dan google keyword planner. 

Sebelum kita mulai melakukan “riset keyword” pastikan terlebih dahulu Niche yang kita pilih. Dimateri sebelumnya kita telah mempelajari gambaran tentang Niche. Bagi yang belum menemukan Niche dimohon untuk jangan melakukan “riset keyword” terlebih dahulu.

cara riset keyword google paling jitu
 Google suggestion adalah suggesti yang diberikan oleh google dikolom pencarian. Memilih keyword yang ada di google suggestion merupakan salah satu pilihan yang tepat. Karena keyword yang ada di google suggestion sudah bisa dipastikan ada pencarinya.

Kenapa bisa dipastikan ada pencarinya? Karena untuk bisa masuk google suggestion, sebuah keyword setidaknya harus ada kurang lebih 1000 orang yang mengetikan kata kunci tersebut dengan IP berbeda. Itu menurut informasi yang saya baca dari postingan mastah-mastah, untuk kebenaran angkanya sendiri belum ada info valid dari google.

cara riset keyword google paling jitu
cara riset keyword google paling jitu
cara riset keyword google paling jitu
Sekarang mulai catat semua kata kunci yang didapat sebanyak-banyaknya, untuk nanti kita sortir kembali dengan melakukan “Riset Persaingan”
Masukkan lagi kata kunci baru dikolom pencarian google untuk mendapatkan suggesti yang lebih banyak lagi 
cara riset keyword google paling jitu
 Silahkan catat menggunakan notepad atau apa saja yang bisa dipake untuk mencatat
cara riset keyword google paling jitu
Lakukan riset kata kunci melalui google suggestion ini sebanyakbanyaknya dan semaksimal mungkin. Ganti kata kunci dikolom pencarian setiap kali selesai mencatat semua kata kunci yang muncul di google suggestion.

Selain dengan menggunakan google suggestion, kita juga bisa mencari keyword dengan menggunakan google keyword planner.

Prinsipnya hampir sama, intinya mencari keyword. Tapi untuk google keyword planner kita bisa lihat nominal angka pencarian per-bulannya. Jadi kita akan tahu suatu keyword dicari oleh berapa orang dalam bulan terakhir

Tapi kelemahannya, tidak semua keyword bisa didapat dengan lengkap. Jadi kita tetap harus mencari keywordkeyword dari sumber-sumber lainnya untuk lebih memperbanyak varian keyword untuk kita pilih agar bisa mendapatkan keyword yang tertarget.
cara riset keyword google paling jitu

cara riset keyword google paling jitu
 
cara riset keyword google paling jitu

cara riset keyword google paling jitu

cara riset keyword google paling jitu
Setelah semua keyword yang ada di Google Keyword Planner (GKP) itu kita download, sekarang kita buka filenya di excell. Lihat disana ada kolom keyword itulah list keyword yang akan kita ambil, copy keyword yang sesuai dengan niche kita saja, karena ada banyak keyword yang tidak sesuai dengan niche ikut terdata (inilah kelemahannya GKP). Gabungkan keywordkeyword yang kita dapat di GKP ini dengan keyword-keyword yang kita dapat di google suggestion.

cara riset keyword google paling jitu
Itulah gambaran singkat mengenai cara meriset keyword. Selain melalui google suggestion dan google keyword planner, kita juga bisa melakukan riset keyword melalui media-media riset lainnya. Namun sebagai permulaan untuk para pemula kedua media yang telah kita bahas diatas saya rasa sudah cukup.

Yang terpenting Inti dari riset keyword ini sudah bisa dikuasai. Itu yang terpenting. Karena dimanapun kita melakukan riset keyword intinya akan sama mungkin hanya dari sisi tekhnisnya saja yang sedikit berbeda. 

Jadi harapan saya, setelah private ini selesai Anda bisa mengembangkan diri Anda sendiri untuk bisa semakin mengasah kemampuan SEO Anda. Karena intinya SEO itu sederhana, semua yang akan saya sampaikan diprivate ini prinsip dasarnya akan sama dengan yang diajarkan dengan private SEO yang nilainya jutaan rupiah, yang mungkin membedakan hanya dosisnya saja. Contohnya ya seperti riset keyword ini, saya hanya mengajarkan 2 cara riset keyword, kalau yang private harga jutaan mungkin yang diajarkannya adalah cara meriset keyword disemua media riset keyword yang ada didunia ini. Kurang lebih seperti itu, jadi SEO itu sederhana dosisnya aja yang berbeda. 

Sumber : Ebook dari https://www.facebook.com/sopian.abdulhadi.5/
anda bisa mendapatkan ebooknya gratis Klik ini 

#Note
tujuan dari pembuatan artikel ini, untuk supaya saya tidak lupa dengan trik dan ilmu yang telah di share melalui ebook oleh Sopian Abdul Hadi. dan ingin berbagi dengan yang lainnya sesama para blogger / publisher. tanpa ada perubahan dari Isi ebook tersebut.
Back To Top