Baca Al-Quran itu wajib atau sunat?

Baca Al-Quran itu wajib atau sunat?

Baca Al-Quran itu wajib atau sunat?

Kalau ditanya seperti ini pasti sebagian ada yang jawab sunat, sebagian ada yang menjawab wajib, bahkan ada yang menjawab sunat muakat heuheuheu.... Sementara selama ini yang kita tahu, yang wajib itu adalah sholat, betul? Nah, wajib itu apa sih? Kalau dilaksanakan mendapat pahala, kalau tidak dilaksanakan mendapat dosa. Jadi membaca Quran itu wajib atau sunat?
Yuk kita lihat surat 29 (Al-Ankabut) ayat 45.
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (29:45)
Nah, ayat di atas ada dua perintah, yaitu membaca Quran dan mendirikan sholat. Yang namanya perintah adalah wajib, betul tidak? Nha, berarti dua-duanya wajib. Berarti membaca Quran hukumnya juga wajib. Tolong koreksi kalau saya salah.
Ketika kita meninggalkan sholat apa yang kita rasakan? Merasa tidak enak toh, merasa punya hutang toh, merasa deg-degan toh? Nah, tapi kalau meninggalkan baca Quran? heuheuheu....
Nha, kalau Allah mewajibkan kita membaca Quran, kira-kira Allah bermaksud menyusahkan kita atau tidak? Yuk kita lihat apa yang dikatakan Allah dalam surat 20 (Thaahaa) ayat 2.
مَا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَىٰ
Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah; (20:2)
Tuh...! Allah menurunkan Al-Quran tidak untuk membuat kita menjadi susah.
Back To Top