Cara mengatasi pengalihan Blogspot.com menjadi blogspot.co.id kembali ke blogspot.com

Cara mengatasi pengalihan Blogspot.com menjadi blogspot.co.id kembali ke blogspot.com

Pengalihan Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id pada flatform Blogger.com terjadi pada tanggal 3 september 2015 yang merupakan update dari blogger.com, Sebenarnya Update pengalihan Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id, blogspot.co.jp, blogspot.co.uk sudah terjadi di negara bagagian eropa dan sebagian di asia namun baru di indonesiaa baru di terapkan sekarang ini. Hal ini membuat para bloggers atau publisher indonesia yang menggunakan platform dari blogger ini kebingunan karena otomatis Iklan Adsense dan status Rank Alexa, PR, PA, DA, dan BL menjadi Blank (0) atau hilang total.
Cara mengatasi pengalihan Blogspot.com menjadi blogspot.co.id kembali ke blogspot.com

Tujuan pengalihan Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id dari Update Blogger.com yaitu :

  • Agar menyesuaikan Blog sesuai negara asal contohnya, blogspot.com asal inggris menjadi blogspot.co.uk, blogspot.com asal jepang menjadi blogspot.co.jp dan begitu juga indonesia blogspot.com menjadi blogspot.co.id
  • agar lebih mudah mengontrol blog yang di buat agar tidak melanggar kebijakan dan hukum suatu negara, Jadi jika suatu blog melanggar kebijakan atau hukum suatu negara akan di hapus oleh Blogger.com dan mendapat penalty dari google.
Dampak perubahan pengalihan dari Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id:
  • Iklan google Adsense menjadi tidak muncul (hilang) atau Blank
  • Data yang telah di bangun seperti Rank Alexa, PR, PA, DA, BL, dan Whoes menjadi hilang atau kembali seperti semula (0)
  • Akan terjadi Duplikat Conten jika Blog tersebut menggunakan Teknik SEO
Jadi Apa solusi dari Pengalihan blogspot.com menjadi Blogspot.co.id?

Berikut  Ada  Dua Solusi atau cara mengatasi pengalihan Blogspot.com menjadi blogspot.co.id kembali ke blogspot.com :

Solusi atau cara Pertama
  • Login ke aku blogger anda
  • Pilih Template >> Edit HTML >> kemudian cari </head> dengan menekan Ctrl + F
  • Setelah itu Masukkan script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

atau script code ini

<script type="text/javascript">
 var blog = document.location.hostname.split(".");
 if (blog[blog.length - 1] != "com") {
 var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
 window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>
  • Kemudian Klik Simpan
dan Lihat hasilnya maka Blog kalian yang tadinya Blogspot.co.id akan kembali menjadi Blogspot.com

Note:
Apakah Pengalihan atau Redirect menggunakan Script di atas aman dan tidak berdampak buruk terhadap blog maupun Iklan Google Adsense?

Dalam masalah ini Ada kemungkinan melanggar pedoman Google Webmaster Guideline (GWT), karena perubahan atau redirect yang kita lakukan menggunakan script tersebut. Tapi dari pantauan saat ini belum ada Sanksi yang di berikan oleh Blogger.com ataupun Google Adsense.

Hal ini pernah di paparkan Google dalam masalah Redirect terutama Redirect yang memicu Penalty dan melanggar pedoman Google Webmaster atau yang disebut Sneaky Redirect (Redirect untuk tujuan curang). Sneaky Redirect yaitu Redirect dengan tujuan mengelabui pengunjung dan mesin pencari Google. Contohnya seperti Blog AGC( auto generate content) atau blog yang melakukan redirect ke url berbeda dengan menyajikan konten yang berbeda atau tidak relevan dengan tujuan mengelabui pengunjung dan mesin pencari google, Akibatnya blog seperti ini akan mendapat Penalty dari Google.



Beberapa redirect yang diperbolehkan diantaranya sebagai berikut:
- melakukan redirect ke halaman utama setelah login
- Melakukan redirect jika tidak memiliki akses ke server utama (jika server sedang down)
- Melakukan redirect ketika melakukan custom domain.

Jika anda ragu untuk melakukan solusi atau cara di atas, anda bisa melakukan cara atau solusi kedua ini.
Solusi atau Cara Kedua.
  • membeli Domain TLD(Berbayar) lalu mengkustomkannya ke Platform blogger atau blog anda
  • setelah anda mengkustom blog anda dari blogspot.com menjadi .com, .net, .org dan lainnya selanjutnya anda harus mengupgrade akun Google Adsense anda yang masih Hosted menjadi Non-Hosted dengan cara :
- Login ke Google Adsense
- Klik My Ads
- Kemudian Klik Other Product >> Klik Upgrade New
- Klik Site Authorization kemudian masukkan url blog TLD yang telah anda buat di bagian I WILL show ads on, Kemudian Klik Submit
- Setelah itu anda akan mendapatkan pemberitahuan untuk membuat unit iklan dan memasangnya ke dalam blog anda.
Setalah anda membuat dan memasang unit iklan di blog tunggu hingga mendapatkan surat Approved (persetujuan) dan iklan benar-benar muncul di blog anda.
Itulah cara Upgrade akun google adsense hosted menjadi Non-Hosted.

Note:
Dari solusi atau cara kedua ini memang lebih aman dan lebih terjamin dari Pedoman Google Webmaster Guideline dan Penalty Google, Dan juga Rank Alexa, PR, PA, DA, BL, Whois akan kembali normal dalam beberapa waktu.

Jadi seterah anda mau mengikuti cara pertama atau cara kedua, yang jelas ini solusi terbaik bagi anda yang mengalaminya.

Itulah informasi tentang "Cara mengatasi pengalihan Blogspot.com menjadi blogspot.co.id kembali ke blogspot.com" Semoga bisa membantu :D

Back To Top