Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam


Tubuh yang sehat merupakan Hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan berbagai aktifitas secara normal, memiliki daya tahan tubuh terhadap penyakit, virus dan bahagia tentunya. orang yang tidak bisa menjaga kesehatan tubuhnya merupakan orang yang sangat merugi sebagaimana sabda Rosullullah SAW: "Dua anugerah membuat banyak orang merugi, yaitu kesehatan dan kesempatan. (HR al-Bukhari)". 

Untuk bisa menjaga kesehatan tubuh, kita harus merubah Pola gaya Hidup dengan yang lebih baik sebagaimana yang dilakukan Rosullullah dan para sahabatnya.

Rasulullah ?, “Lakukanlah bepergian, maka kalian sehat.” (HR Ahmad). “… dan berpuasalah kalian, maka kalian sehat.” (HR ath-Thabarani). “Orang yang tidur dalam keadaan tangannya berbau lemak, lalu ia terkena sesuatu, maka janganlah ia mencela kecuali dirinya sendiri.” (HR ad-Darimi).

Setiap insan sangat mendambakan memiliki Tubuh yang sehat dan Kuat, tapi tidak semua orang bisa dan mengetahui cara menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan virus.

Oleh karena itu saya akan memberikan Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam, sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit baik itu kanker dan lainnya.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam
  • Mandi minimal 2 kali sehari
dengan mandi minimal 2 kali sehari dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai penyakit, seperti penyakit kulit dan virus.
Firman Allah Ta’ala, “… dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air besar (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih): sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (al-Maa’idah: 6)
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Selalu berpikir Positif, tenang dan jangan marah(emosi) 
karena dengan berpikir positif, tenang dan tidak marah bisa membuat tekanan darah menjadi stabil sehingga bisa menghindarkan diri kita dari penyakit shock atau stroke. Orang yang tidak tidak suka berfikir positif , mudah marah dan tidak dapat mengendalikan emosi sangat mudah terkena penyakit  Shocke atau penyakit Stroke.
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِلنَّبِيِّ : أَوْصِنِيْ ، قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). فَرَدَّدَ مِرَارًا ؛ قَالَ : (( لَا تَغْضَبْ )). رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ 
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam : “Berilah aku wasiat”. Beliau menjawab, “Engkau jangan marah!” Orang itu mengulangi permintaannya berulang-ulang, kemudian Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Engkau jangan marah!” [HR al-Bukhâri]
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Tidur di siang hari dari jam 1 sampai jam 3
dengan tidur siang membuat tubuh kita kembali fit/bugar karena aktifitas yang kita lakukan dan dapat memacu atau merangsang kecerdasan otak.
قِيْلُوا فَإِنَّ الشَّيَاطِيْنَ لاَ تَقِيْلُ
Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Imam Al-Albani rahimahullahu dalam Ash-Shahihah no. 1637: isnadnya shahih)
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Usahakan bagun dan beraktifitas di pagi hari seperti Olahraga ringan yaitu lari pagi/jogging, jalan santai dan aktifitas ringan lainnya karena dengan berolah raga di pagi hari yang cerah, membuat tulang kita menjadi kuat karena sinar matahari di pagi hari(mengandung vitamin D yang baik untuk tulang) sangat bagus untuk kesehatan tulang dan kulit kita dan jangan tidur di pagi hari karena tidak baik untuk kesehatan dan mudah terkena penyakit seperti Diabetes dan lainnya.
Di dalam sebuah hadits shahih Rasulullah SAW bersabda :
"Umatku ini diberkati ketika bangun pagi-pagi.” (HR.Ath-Thabrani dalam Al-Ausat)
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Makan-makanan yang bergizi dan seimbang, jangan makan sampai kekenyangan (makan dengan porsi seimbang) dan jangan makan makanan yang tidak sehat atau mengandung banyak lemak/kolestrol yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, penyakit obesitas dan penyakit lainnya. Dan jangan tidur setelah makan dan Biasakan makan di malam hari agar terhindar dari penyakit Maag.
Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wasallam memakan kurma dengan mentimun. (HR al-Bukhari dan Muslim). Rasulullah melarang tidur setelah makan (HR Abu Nuaim). Rasulullah menganjurkan mengawali berbuka dengan kurma, jika tidak ada maka dengan air. (HR at-Tirmidzi) Rasulullah memerintahkan makan malam meskipun dengan setelapak kurma. (HR at-Tirmidzi).

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Artinya: … makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (QS al-A’raf [7]: 31)
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Penuhi kebutuhan cairan yang diperlukan oleh tubuh kita agar terhindar dari dehidrasi dengan meminum air putih sekitar 8 gelas perhari dan jangan meminum air yang mengandung pemanis buatan.
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30).
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam

  • Jangan merokok dan meminum minuman beralkohol karena dapat merusak tubuh kita terutama jantung, paru-paru dan ginjal dan juga jangan melakukan sex bebas(zina) karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti Aids/ HIV.
Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah r.a, bahwasanya seorang lelaki datang dari Jaisyan (negeri Yaman) lalu ia bertanya kepada Nabi saw. tentang hukum minuman dari jagung yang sering mereka minum di negeri mereka. Minuman tersebut bernama mirz. Lalu Nabi saw. bertanya, "Apakah minuman itu memabukkan?" Lelaki itu menjawab, "Benar." Lalu Rasulullah saw. bersabda, "Setiap yang memabukkan itu haram hukumnya dan sesungguhnya Allah SWT telah berjanji bahwa orang yang minum minuman memabukkan akan diberi minuman thinah al-khahal." Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, apa yang dimaksud dengan thinah al-khahal?" Beliau menjawab, "Keringat penghuni neraka atau air kotoran penghuni neraka," (HR Muslim).
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam


bahaya rokok


وَ لاَ تَقْرَبُوا الزّنى اِنَّه كَانَ فَاحِشَةً، وَ سَآءَ سَبِيْلاً. الاسراء:32
Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk. [QS. Al-Israa’ : 32
jauhi zina

  • Terakhir yaitu Senyum
Dengan senyum membuat pikiran kita menjadi positif, tenang dan tidak mudah marah. jangan anggap sepele senyuman karna dibalik senyuman dapat menyelamatkan hidup kita dari penyakit seperti Stroke dan penyaklit berbahaya lainnya.

Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz`i ra dia berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Tirmidzi)

Semoga informasi "Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dari berbagai penyakit dalam islam" bermanfaat untuk anda :) dan harap anda menjalankan tips ini pada diri anda agar dapat menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit.
Back To Top