Fungsi dan Peran Ilmu Dalam Islam

Fungsi dan Peran Ilmu Dalam Islam
Fungsi dan Peran Ilmu Dalam Islam
1. Ilmu merupakan sarana dan alat untuk mengenal Allah, Sebagaimana Firman Allah:


فَاعْلَمْ أَنَّهُ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ
"Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Ilah (Yang Hak), melainkan Allah, dan mohonlah ampunan bagi dosamu, dan bagi (dosa) orang-orang Mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha, dan tempat tinggalmu." – (QS. Muhammad 47:19)

2. Ilmu akan menunjukkan jalan menuju kebenaran dan meninggalkan kebodohan.
3. Ilmu merupakan syarat utama diterimanya seluruh amalan seorang hamba, maka orang yang beramal tanpa ilmu akan tertolak seluruh amalannya. Sebagaimana sabda Nabi  صلى الله عليه وسلم :
"Barangsiapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada perintah(Ilmu)nya dari kami, maka amalan tersebut tertolak(tidak diterima)". (HR. Muslim dari Aisiyah binti Abu Bakar).

Imam Nashiruddin Ahmad bin Munir Al Iskandari berkata: "Ilmu adalah syarat benarnya perkataan dan perbuatan, keduanya tidak akan bernilai kecuali dengan ilmu. Maka, Ilmu harus ada sebelum perkataan dan perbuatan, karena ilmu adalah pembenar niat, sedangkan amal tidak akan diterima kecuali dengan niat yang benar". (Fathul Bani Syarah Shahih Bukhari 1/94)
Back To Top