Keutamaan Puasa dan Pahala yang didapatkan oleh orang yang berpuasa

Ghuroba - Keutamaan Puasa dan Pahala yang didapat orang yang berpuasa

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
السلام عليكم 

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 183)


أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ

Telah mengabarkan kepada kami 'Ali bin Hujr dia berkata; telah menceritakan kepada kami Isma'ildia berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Suhaildari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika telah memasuki bulan Ramadhan, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, dan syetan dibelenggu." (HR. An Nasa'i No. 2070)

Puasa merupakan salah satu rukun islam yang keempat. dan Setiap muslim wajib untuk melaksanakannya sebagaimana ayat di atas dan Pintu-pintu syurga di buka, pintu-pintu neraka ditutup dan syetan di belenggu sebagaimana hadits di atas.

Keutamaan Puasa dan Pahala yang didapatkan oleh orang yang berpuasa

Puasa memiliki beberapa Keutamaan dan Pahala bagi setiap muslim yang melaksanakannya, Di antara Keutamaan Puasa dan Pahala yang di dapat bagi muslim yang mengerjakannya :
  • Menghapus Dosa dan mendapatkan Pahala yang besar di sisi Allah Ta'ala sebagaimana Firman Allah  dalam QS. Al Ahzab : 35
إِنَّ الْمُسْلِمِينَوَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِأَعَدَّ 
اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةًوَأَجْرًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang Mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka, ampunan dan pahala yang besar." – (QS.33:35)
  • Orang yang Berpuasa karena Mengharap Ridho Allah Ta'ala, maka Allah Ta'ala akan hindarkan dan lindungi ia dari perbuatan dosa (maksiat)
حَدَّثَنَاعَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَعَنْ مَالِكٍ عَنْ أَبِيالزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْأَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُأَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الصِّيَامُ جُنَّةٌفَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَجْهَلْ وَإِنْامْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْإِنِّي صَائِمٌ مَرَّتَيْنِ وَالَّذِينَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُعِنْدَ اللَّهِ تَعَالَى مِنْرِيحِ الْمِسْكِ يَتْرُكُ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ وَشَهْوَتَهُ مِنْ أَجْلِي الصِّيَامُلِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِوَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Abu Az Zanad dari Al A'raj dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu; Bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Shaum itu benteng(perisai atau pelindung), maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula berbuat bodoh. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang puasa/shaum (ia mengulang ucapannya dua kali). Dan demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta'ala dari pada harumnya minyak misik, karena dia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan membalasnya dan setiap satu kebaikan dibalas dengan sepuiluh kebaikan yang serupa"
(HR. Bukhari No. 1761 dan HR. Muslim No. 3/158)


الصِّيَامُ جُنَّةٌ مِنَ النَّارِ كَجُنَّةِ أَحَدِكُمْ مِنَ الْقِتَالِ
Puasa adalah pelindung dari neraka seperti tameng salah seorang dari kalian ketika ingin berlindung dari pembunuhan.” (HR. Ibnu Majah no. 1639 dan An Nasai no. 2232. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).
  • Orang yang berpuasa mendapatkan dua kebahagiaan sebagaimana yang dikatakan oleh Rosullullah صلى الله عليه وسلم :

للصائم فرحتان، فرحة عند فطره، وفرحة عند لقاء ربه
Bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan; kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.” (muttafaq ‘alaihi)

Semoga kita dan seluruh kaum muslimin yang melaksanakan Ibadah Puasa karena Mengharap Ridho Allah Ta'ala dan tidak berbuat maksiat mendapatkan Keutamaan Puasa dan mendapatkan Pahala yang Besar Di sisi Allah Ta'ala. Wallahu A'lam Bi Showab.

Sumber :
QS. al-Baqarah: 183
HR. An Nasa'i No. 2070 dalam Kitab al-Sunan al-Sughra
QS. Al Ahzab : 35
HR. Bukhari No. 1761 dan HR. Muslim No. 3/158 dalam kitab Al-Jami' ash-Shahih atau Shahih Bukhari dan kitab Mukhtashar Shahih Muslim

Lihat Juga
Back To Top